Ternyata Tidur Bisa Menurunkan Berat Badan

Tahukah anda, tidur ternyata justru dapat menurunkan berat badan?

Menurut direktur divisi Sleep Medicine di New York University of Medicine, Prof. David Rappoport MD, menyatakan bahwa tidur akan sangat mempengaruhi hormon dalam tubuh juga membuat nafsu makan jadi berkurang. penelitian serupa juga telah dilakukan oleh University of Chicago.

Ilmu Kedokteran telah membuktikan bahwa jika kita tidur dengan baik akan memicu penurunan berat badan dan menjaga tubuh Anda tetap bugar.

Sebagaimana kita ketahui, orang yang kekurangan tidur dapat menderita bermacam penyakit, misalnya depresi, penyakit jantung dan diabetes.

Berikut ini adalah bukti bahwa tidur dapar menurunkan berat badan.

1. Mengontrol Nafsu Makan
Saat kita tidur, tubuh kita menghasilkan hormone gherelin. Hormon ini bermanfaat dalam mengurangi hilangnya energi yang mengakibatkan kita merasa lapar.
Tidur kurang dari enam jam akan membuat produksi hormon gherelin meningkat dan membuat kita merasa lapar.
Namun perlu diingat, bukan berarti kita dapat makan yang banyak dan tidur sepuasnya agar berat badan turun. Pastikan juga kita tidak mengkonsumsi makanan berlemak terlalu banyak.

2. Mengurangi Penyimpanan Lemak
Tidur yang cukup atau sekitar 8 jam per hari akan meningkatkan metabolisme karbohidrat yang ada di dalam tubuh. Dengan adanya aktivitas metabolisme dalam tubuh dapat mengurangi penyimpanan lemak. Sedangkan jika kita kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan produksi hormon insulin yang meningkat sehingga dapat menyebabkan diabetes.


3. Menghilangkan Depresi
Kita mungkin sering mengalami depresi. Dengan tidur yang cukup, rasa depresi biasanya akan berkurang. Dalam keadaan stres, tekanan darah dan kadar gula dalam darah akan meningkat.

Namun perlu diingat, tidur terlalu lama juga berdampak kurang baik karena akan membuat kita menjadi gemuk.

0 comments:

Post a Comment