Pertimbangan Desain Evakuasi Vertikal Tsunami (2)

Melanjutkan pembahasan Pertimbangan Desain Evakuasi Vertikal Tsunami (1) sebelumnya, Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam desain evakuasi vertikal untuk tsunami adalah :

3. Pertimbangan Lokasi Bahaya
Bangunan evakuasi vertikal tsunami harus terletak jauh dari potensi bahaya yang dapat mengakibatkan kerusakan tambahan dan berkurangnya keamanan bagi pengungsi.
Karena keterbatasan struktur evakuasi vertikal dan keterbatasan waktu serta mobilitas penduduk beberapa struktur evakuasi vertikal mungkin perlu ditempatkan di lokasi yang kurang ideal.


Berikut beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan :
  • Bangunan VE direkomendasikan diletakkan menjauhi areal pemecah gelombang tsunami, sehingga tidak perlu mempertimbangkan pemecah gelombang tersebut dalam perancangan bangunan VE

  • Struktur evakuasi vertikal yang dibangun berdekatan dengan pelabuhan dan terminal barang perlu mempertimbangkan adanya debris yang ikut terbawa tsunami. Debris semakin lama akan semakin bertambah banyak, dan akan meningkatkan risiko akibat tsunami karena debris menjadi semacam proyektil yang akan merusak struktur yang dilaluinya.

  • Jika memungkinkan struktue evakuasi vertikal dijauhkan dari pelabuhan dan terminal barang. Apabila tidak memungkinkan, maka struktur evakuasi vertikal harus dirancang kuat menahan terjangan kontainer dan kapal.

  • Struktur evakuasi vertikal yang dibangun berdekatan dengan areal parkir perlu memperhitungkan adanya debris berupa mobil, bis, truk dan kendaraan lainnya.

  • Struktur evakuasi vertikal yang dibangun dekat gas st at ion, maka perlu diperhatikan adanya debris berupa gas kimia dan benda lain yang mudah terbakar yang dikhawatirkan akan membakar bangunan VE. Untuk itu perlu dirancang struktur yang tidak mudah terbakar.

  • Struktur evakuasi vertikal yang dibangun dekat dengan areal parkir pengunjung pantai, maka debris yang melewati bangunan VE relatif sedikit. Biasanya areal seperti ini dikunjungi oleh orang banyak sehingga perlu dipertimbangkan metode informasi kepada pengunjung pantai tentang apa yang harus dilakukan dan kemana mereka harus lari apabila terdengar peringatan tsunami.

  • Struktur evakuasi vertikal yang dibangun dekat dengan fasilitas tanggap darurat, memungkinkan adanya pengawasan langsung dari personel/pelaksana tanggap darurat.

  • Struktur evakuasi yang dibangun dekat dengan perbukitan memungkinkan untuk dibangun jalan pintas menuju bukit.
Bersambung ke Pertimbangan Desain Evakuasi Vertikal Tsunami (3)


Referensi : FEMAp646

0 comments:

Post a Comment